Your Ad Here
Your Ad Here

E-Books English

Album MP3 Indonesia

Album MP3 Barat

Arsip Blog

Senin, 25 Oktober 2010

Kompresi File Wave Dengan Algoritma Huffman




Salah satu file format suara yang banyak dipakai dalam sistem operasi Windows adalah format Wave (*.WAV). Format ini banyak digunakan untuk keperluan game dan multimedia. Wave sebenarnya merupakan format kasar (raw format) dimana signal suara langsung direkam dan dikuantisasi menjadi data digital. Format dasar dari file ini secara default tidak mendukung kompresi dan dikenal dengan nama PCM (Pulse Code Modulation).
Jika direkam suatu lagu sekualitas CD Audio menggunakan sampling rate 44,1 kHz, 16 bit per sample, 2 kanal (stereo), maka total media yang diperlukan untuk menyimpan data audio ini per detik adalah 176.400 byte sehingga untuk durasi 1 menit diperlukan 10,584 MB. Jika rata-rata durasi satu lagu selama 5 menit, maka dibutuhkan tempat lebih dari 50 MB untuk menyimpan data audio lagu tersebut. Ini tentunya sangat memboroskan media penyimpanan seperti hard disk meskipun saat ini telah tersedia kapasitas hard disk yang besar. Masalah tersebut dapat diatasi bila file Wave tersebut dikompresi untuk mengurangi ukurannya.
Beranjak dari masalah ini, maka akan dibuat sebuah perangkat lunak yang dapat melakukan kompresi pada file Wave sekaligus mampu memainkan kembali file Wave terkompresi tersebut.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Kompresi File Wave Dengan Algoritma Huffman”

Posting Komentar

Reader Community

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Gudang Online